Aki merupakan bagian penting dalam kendaraan yang berfungsi sebagai penyuplai listrik. Sebagian dari Anda mungkin pernah mengalami mesin mobil berhenti secara tiba-tiba akibat adanya masalah yang terjadi pada aki mobil. Lalu, apa penyebab aki mobil tekor? Mari simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Aki Mobil Tekor

1. Aki Sudah Berumur

Aki merupakan komponen mobil yang juga mempunyai umur pemakaian. Jika aki mobil sudah dipakai terlalu lama, tegangannya akan semakin berkurang. Hal yang lebih parah lagi yaitu aki tersebut sudah tidak mampu menerima hantaran listrik dari alternator sehingga butuh perbaikan. Tetapi bila yang menjadi masalah adalah umur aki yang sudah tua, lebih baik Anda mengganti aki tersebut dengan yang baru.

2. Alternator Rusak

Alternator adalah sebuah komponen di dalam mesin mobil yang berfungsi untuk menjaga kelangsungan hidup kendaraan. Dari sinilah aki memperoleh suplai listrik terus menerus ketika mesin mobil dinyalakan. Oleh karena itu, jika alternator rusak, sudah pasti tidak ada listrik yang mengalir ke aki mobil.

3. Mobil Terlalu Lama Tidak Digunakan

Tegangan listrik pada aki mobil akan semakin berkurang meskipun mobil sering didiamkan atau jarang digunakan. Maka dari itu sebaiknya pemilik mobil menghidupkan mesin secara rutin.

4. Terlalu Banyak Aksesoris

Aksesoris seperti audio, lampu, dan lainnya banyak dipasang untuk membuat interior mobil lebih menarik. Namun, ternyata itu akan membuat masalah baru pada mobil jika penambahan aksesoris elektronik mobil tersebut dilakukan berlebihan.

Semakin banyak modifikasi yang dilakukan, maka kebutuhan listrik mobil akan semakin meningkat. Jika tidak diimbangi dengan sumber yang cukup memadai, maka hal ini dapat membuat aki tekor dan berumur pendek karena penggunaan listrik melebihi batas normal.

Cara Mengatasi Aki Tekor Pada Mobil

Masalah aki tekor pada mobil biasanya dapat diselesaikan dengan menggunakan jumper aki. Namun proses ini tidak disarankan untuk dilakukan sendiri karena dapat membahayakan diri Anda. Lantas, apa solusinya?

1. Hubungilah Bengkel Suzuki Duta Cendana Adimandiri

Jika aki mobil terasa mulai soak atau tekor, segera lakukan pemeriksaan aki agar kinerja mobil tetap prima. Anda bisa membawa mobil ke bengkel resmi Suzuki Duta Cendana Adimandiri. Dengan tim profesional, kami akan melakukan pemeriksaan pada mobil Anda dan membantu menyelesaikan masalah aki tekor yang terjadi.

2. Ganti Aki dengan Kapasitas yang Sesuai

Mobil membutuhkan daya listrik untuk dapat dihidupkan. Maka dari itu, Anda perlu mencari kapasitas aki yang sesuai dengan kebutuhan daya listrik mobil yang dimiliki.

Setelah Anda membawa mobil kesayangan Anda ke bengkel, Anda mungkin perlu mengganti aki mobil Anda. Kalau Anda ingin mengganti aki mobil, carilah kapasitas yang besar atau sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai Anda membeli aki yang terlalu kecil.

Kalau daya yang dihasikan lebih kecil dari yang dibutuhkan, maka akan terjadi over suplai. Usia aki sudah pasti berkurang lebih cepat dibandingkan yang seharusnya.

Aki merupakan komponen mobil yang sangat penting. Jangan sampai Anda membiarkan aki dalam kondisi yang sudah tidak prima. Jika perawatan mobil Anda sudah baik, pasti umur aki lebih lama.

Itu dia berbagai penyebab aki mobil tekor. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda untuk lebih memperhatikan kendaraan. Untuk menjaga mesin tetap dalam kondisi baik dan siap digunakan berkendara lakukan servis secara berkala di bengkel resmi Suzuki Duta Cendana Adimandiri.

Untuk Anda di wilayah Cinere bisa mengunjungi bengkel resmi Suzuki Duta Cendana Adimandiri Cinere yang berlokasi di Jalan Cinere Raya No. 32, Cinere, Kota Depok. Untuk informasi layanan booking service bisa menghubungi Hotline Customer Service Suzuki DCA Cinere Depok di nomor telepon 087883571689.